Review ASUS Zenfone Max Pro M2

REVIEW

RumahGames –¬†ASUS baru saja¬†meluncurkan generasi terbaru seri ZenFone Max Pro pada 11 Desember kemarin, simak ulasan singkat tentang ZenFone Max Pro M2.

Desain ZenFone Max Pro M2

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, desain kamera belakang dan fingerprint sensor masih tetap di posisi yang sama, hanya pada ZenFone Max Pro M2 desain body belakang sedikit lebih mewah dengan 3D-curved glossy design.

Posisi tombol power dan volume juga masih diposisi yang sama dengan pendahulunya. Lubang audio 3.5mm juga ditempatkan pada posisi yang sama sederet dengan lubang Micro USB untuk charger dan perpindahan data, lalu Mic serta Speaker.

Pada bagian samping kiri terdapat slot tray untuk SIM Card dan MicroSD, dengan tray triple slot yang berguna jika kamu memiliki 2 SIM Card sekaligus ingin memasang MicroSD yang support hingga 2TB.

Pada disain bagian depan, tampak poni atau notch yang muncul dibagian atas seperti kebanyakan smartphone saat ini. Pada notch tersebut terdapat Speaker, Softlight LED, dan Kamera depan 13MP.

Display Zenfone Max Pro M2

Ukuran layar pada¬†ZenFone Max Pro M2¬†mengalami peningkatan dari versi pendahulunya yang kini di M2 memiliki ukuran¬†6.3-inch dengan resolusi FHD+ (2280×1080) IPS display. Tidak hanya itu, layar pada¬†ZenFone Max Pro M2¬†ini juga sudah menggunakan¬†Corning Gorilla Glass 6¬†yang memiliki ketahanan banting setinggi 1 meter.

Selain itu layar pada ZenFone Max Pro M2 juga memiliki kecerahan Layar sampai dengan 450 nits, serta contrast ratio 1500:1, sama seperti pendahulunya.

Spesifikasi Zenfone Max Pro M2

Soal spesifikasi tentunya versi terbaru Zenfone Max Pro M2 ini mengalami peningkatan, ASUS membenamkan SoC Qualcomm Snapdragon 660 (octa-core 64bit) dengan arsitektur Kryo 260. Dibandingkan dengan SoC pada versi pendahulunya, Zenfone Max Pro M2 ini diklaim mengalami peningkatan performa hingga 11%.

Di sisi grafis, tentunya Zenfone Max Pro M2 ini juga mengalami peningkatan seri GPU yang dibawa oleh SoC Qualcomm Snapdragon 660 yaitu Adreno 512 yang diklaim memiliki peningkatan kecepatan grafis 33% dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1.

Pilihan kapasitas RAM dan Memori Internal Zenfone Max Pro M2 juga beragam, ASUS menyediakan pilihan RAM dan Memori Internal mulai dari 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 6GB/64GB.

Operating System yang digunakan Zenfone Max Pro M2, sudah pasti diberikan yang terbaru yaitu Android Oreo 8.1, namun dengan UI bawaan Stock Android Oreo dan tidak menggunakan ZenUI.

Baterainya pun sudah tergolong cukup untuk menemani kamu bermain game seharian, dimana ASUS memberikan 5.000 mAh untuk Zenfone Max Pro M2 ini yang bisa terisi penuh sekitar 2 jam dari kondisi low-batt dengan charger bawaan 10W yang dimilikinya.

Kamera Zenfone Max Pro M2

Kamera pada Zenfone Max Pro M2 ini juga bisa dibilang mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Untuk kamera belakang utama sebesar 12MP sudah menggunakan sensor Sony IMX486, dengan aperture 1.8f dan 6 elemen lensa. Sedangkan untuk kamera belakang kedua sebesar 5MP, disediakan untuk menciptakan efek bokeh yang dibekali dengan AI Photography.

Pada kamera depan, ASUS memberikan Zenfone Max Pro M2 ini kamera selfie sebesar 13MP dilengkapi dengan Soft LED Flash. Kamera depannya pun bisa kamu gunakan untuk fitur Face recognition unlock.

Benchmark AnTuTu Zenfone Max Pro M2

Pada saat kita mencoba benchmark Zenfone Max Pro M2 ini untuk mendapatkan score di AnTuTu Benchmark v7.1.1, hasilnya mendapatkan score AnTuTu sebesar 124381.

Kesimpulan Review

kehadiran ASUS Zenfone Max Pro M2 sebagai penerus gaming gear untuk gamers kalangan menengah adalah suatu hal yang tepat dimana tengah muncul berbagai smartphone dengan harga yang relatif sama namun belum ada yang memberikan performa yang sesuai harapan para gamers.

Dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong (sekitar 3 jutaan rupiah saat review ini ditulis), para gamers sudah bisa mendapatkan teman bermain yang tahan lama dengan baterai besarnya, serta performa hardware yang oke punya di segi kelas menengah. Selain itu, pada sisi layar juga dihadirkan ketangguhan Corning Gorilla Glass 6 yang memiliki ketahanan banting setinggi 1 meter dimana sangat berguna sekali untuk para gamers yang mungkin sedang kesal karena kalah dalam sebuah pertandingan.

Kelebihan ASUS Zenfone Max Pro M2:

  • Layar tangguh dengan Corning Gorilla Glass 6.
  • Kamera Utama sudah mengalami peningkatan dengan penggunaan sensor Sony IMX486.
  • Spesifikasi cocok untuk memainkan game berat saat ini.
  • Triple Slot Tray (SIM 1, SIM 2, dan MicroSD).
  • Kapasitas Baterai yang tahan lama untuk menemani bermain game.

Kekurangan ASUS Zenfone Max Pro M2:

  • Bagian bodi belakang masih plastik dengan disain bagus, tapi sayang akan tertutup jika pengguna menggunakan hard casing yang tidak transparant.
  • UI Standar, pengguna ZenUI atau MiUI perlu adaptasi lagi.
  • Aplikasi lokal bawaan pabrik yang menurut kami tidak penting untuk gamers dan tidak bisa di uninstall.
  • Tidak terdapat Earphone dalam box.
  • Posisi Speaker yang menghalangi kenyamanan bermain game dalam mode landscape.

 

Sumber : gameqq