Panduan Hero Claude Mobile Legends

RumahGames – Biasanya setiap marksman di Mobile Legends memiliki kecenderungan untuk menyerang satu target dengan serangan atau skill yang sangat kuat. Hal ini tidak berlaku untuk Claude, karena dia memiliki ultimate berupa serangan AoE dengan properti physical attack. Hal inilah yang menjadikan Claude sebagai marksman yang sangat unik, karena bisa saja Claude diplot untuk mengikuti team fightsejak early game.

Kelebihan

  • Memiliki attack speed yang sangat tinggi
  • Memiliki esacape mechanism yang sangat versatile
  • Cukup kuat dalam team fight
  • Memiliki ultimate AoE

Kekurangan

  • Jarak skill pendek
  • Bukan hero mid lane yang kuat
  • Sulit melakukan solo kill di early game

Claude Skill Set

Battle Side by Side

Dexter membantu Claude menyerang musuh. Damage yang dihasilkan oleh Dexter diambil dari 20 persen damageClaude, termasuk seluruh properti dan bonus yang dimiliki oleh serangan Claude.

Kesannya skill pasif ini hanya memberikan damage yang kecil dan tidak seberapa, tetapi sejatinya kamu bisa memanfaatkan skill ini untuk menggandakan efek Unique Passive sebuah equipment. Jadi bila sebuah equipmentmembutuhkan lima serangan untuk mengaktifkan Unique Passive equipment tersebut, maka Claude cukup menyerang tiga kali saja.

Art of Thievery


Claude mencuri movement speed dan attack speed dari semua musuh yang ada di depannya dan menghasilkan physical damageSkill ini akan memberikan bonus movement speed dan attack speed selama 6 detik, yang besarnya tergantung dari jumlah musuh yang terkan Art of Thievery. Bonus ini akan menjadi dua kali lebih besar bila mengenai hero musuh dan monster hutan.

  • Cooldown: 5 detik
  • Movement speed steal: 20/25/30/35/40/45 persen
  • Attack speed steal:10/12/14/16/18/20 persen
  • Mana: 65/70/75/80/85/90 mana
  • Damage: 160/185/210/235/260/285 physical damage

Skill ini jelas tidak bisa diandalkan sebagai sumber burst damage. Sebagai gantinya, Art of Thievery bisa digunakan untuk melambatkan gerakan musuh dan mempercepat attack speed Claude, bahkan ketika ia sedang mengeluarkan ultimate miliknya.

Battle Mirror Image


Claude menggunakan alat dari Dr. Rooney untuk memunculkan duplikat Dexter pada lokasi yang ditentukan. Duplikat Dexter ini akan menyerang musuh di sekitarnya secara otomatis selama 5 detik Claude dapat menggunakan skill ini lagi untuk bertukar tempat dengan duplikat tersebut.

  • Cooldown: 11/10,5/10/9,5/9/8,5 detik
  • Mana: 70/80/90/100/110/120 mana

Escape mechanism yang dimiliki Battle Mirror Image sangatlah kuat. Skill ini memungkinkan Claude untuk engage dan disengage dengan mudah. Saking mudahnya, kamu bisa saja masuk ke tengah-tengah musuh, membuang semua skill milikmu dan langsung disengage dengan durasi Battle Mirror Image yang tersisa atau Battle Spell Flicker.

Blazing Duet

Claude dan Dexter akan menyerang bertubi-tubi, menghasilkan damage ke seluruh musuh di sekitar mereka selama 3 detik. Setiap hit akan menghasilkan physical damage ke musuh yang dikenainya. Damage ini dianggap sebagai damage dari basic attack Claude sehingga bisa memunculkan Unique Passive miliknya. Claude juga akan mendapatkan shield saat mengatifkan Blazing Duet.

Bonus attack speed akan menambah jumlah hit dari skill ini dan minion musuh akan menerima 400 persen damage dari skill ini.

  • Cooldown: 50/45/40 detik
  • Mana: 150/175/200 mana
  • Damage: 80/95/110 physical damage
  • Durasi: 3 detik

Karena memiliki properti basic attack Claude bisa memaksimalkan efek dari Blazing Duet dengan cara menambahkan serangan yang memiliki efek debuff bagi musuh. Sebagai contoh, Claude bisa saja membeli Deadly Blade untuk mengurangi kemampuan regenerasi musuh-musuh yang ada di sekitarnya.

Claude Battle Spell

Kalau kamu sangat lihai dalam menggunakan Battle Mirror Image, kamu bisa saja menggunakan Aegis sebagai Battle Spell utama. Tetapi kalau kamu ternyata masih membutuhkan Flicker, kamu bisa saja menukar efek Aegis dengan equipment Wind of Nature. Tentunya pertukaran ini akan mempengaruhi damage akhir yang dihasilkan Claude.

Claude Emblem Set

Claude harus menggunakan Custom Assassin Emblem untuk mendapatkan critical dan physical penetration yang dia butuhkan. Talent yang bisa digunakan adalah Bounty Hunter yang akan memberikan tambahan gold untuk setiap kill.

Kalau ternyata kamu memiliki Custom Marksman Emblem, kamu bisa menggunakan talent Weakness Finder yang akan mengurangi movement dan attack speed musuh yang terkena basic attack dengan kemungkinan sebesar 20 persen.

Claude Equipment Set

Claude sangat kuat dalam urusan menggandakan efek Unique Passive sebuah equipment, karena itu build kali ini bakal berisikan berbagai equipment yang memiliki Unique Passive.

Swift Boots

Mobility menjadi prioritas utama Claude di early game. Prioritas ini timbul karena Claude tidak sekuat marksman lainnya di lane, sehingga dia membutuhkan Swift Boots untuk disengage dengan cepat. Kami tidak menyarankan penggunaan Rapid Boots, karena adanya status attack speed pada Swift Boots yang lumayan berguna di early game.

Demon Hunter Sword

Demon Hunter Sword memiliki Unique Pasive berupa Devour. Unique Passive ini akan memberikan damage tambahan pada target yang dihitung berdasarkan 10 persen jumlah HP target saat itu. Karena Claude memiliki skill pasif Battle Side by Side, maka Claude akan menyerang target dua kali (Claude plus Dexter) sehingga efek Devour akan muncul dua kali.

Hasilnya, dalam satu serangan Claude akan mengeluarkan empat damage sekaligus. Dua berasal dari Battle Side by Side, sementara dua lagi berasal dari Devour.

Golden Staff


Golden Staff menjadi equipment wajib ketiga milik Claude. Equipment ini akan memberikan Unique Passive berupa Swift yang akan menghilangkan kemungkinan kritikal seorang hero menjadi attack speed. Karena Claude lebih membutuhkan attack speed ketimbang serangan kritikal, maka Golden Staff menjadi core equipment Claude.

Selain menghilangkan serangan kritikal, Golden Staff memiliki Unique Passive lainnya berupan Endless Strike. Unique Passive ini akan memunculkan efek dari Demon Hunter Sword sebanyak tiga kali, setiap kali Claude menyerang musuhnya dua kali. Jadi bisa dibilang, Claude akan mengeluarkan enam damage sekaligus bila Endless Strike aktif.

Deadly Blade

Setelah memiliki ketiga equipment coremiliknya, Claude bisa membeli berbagai equipment attack lainnya dengan lebih bebas. Karena memiliki ultimate berupa basic attack, maka tidak ada salahnya Claude menggunakan Deadly Blade untuk membagikan debuff berupa Life Drain pada musuh yang ada di sekitarnya.

Hasilnya, Claude tetap memiliki damage yang lumayan tinggi karena Deadly Blade memiliki 65 physical attack dan dia bisa menghilangkan efektivitas hero-hero yang memiliki lifesteal saat team fight berlangsung

Rose Gold Meteor

Rose Gold Meteor merupakan equipment yang sangat berguna untuk bertahan dari gempuran musuh, terutama saat sedang mengeluarkan ultimate. Kemampuan bertahan itu didapatkan dari Unique Passive Lifeline yang akan memberikan shield sebesar 510-1350 (meningkat berdasarkan level).

Blade of Despair

Blade of Despair menjadi equipmentterakhir Claude karena dia memiliki status 170 physical attack dan Unique Passive Despair yang akan memberikan 30 persen damagetambahan selama 2 detik, saat Claude menghantam target yang memiliki HP di bawah 50 persen.

Hasilnya Claude akan memiliki damage yang dia butuhkan di late game sehingga dia bisa mengimbangi hero-hero lainnya.

Claude Gameplay

Saat early game Claude tidak terlalu kuat berada di mid lane, karena itu usahakan untuk farming bersama tank di topatau bottom lane. Kalau ternyata tim kamu tidak memiliki carry lain yang bisa berada di mid lane maka kamu mengisi peran tersebut. Berhati-hatilah sambil tetap fokus farmingdemi level dan equipment.

Kamu mulai bisa mencoba roaming ke lane lainnya setelah mencapai level empat. Usahakan untuk muncul terakhir saat teman kamu melakukan ambush, jangan terburu-buru karena Claude masih belum terlalu kuat untuk mengejar musuh yang disengage sendirian.

Setelah mencapai mid game dan kamu sudah memiliki ketiga equipment wajib milikmu, kamu sudah bisa sedikit lebih mandiri ketimbang sebelumnya. Usahakan untuk ikut semua team fight yang terjadi di manapun, tapi jangan sampai kamu salah positioning agar tidak menjadi santapan empuk para assassin maupun disabler.

Bila tim kamu unggul di mid game bisa dipastikan kamu bisa berkeliling peta dengan bebas. Selalu ambil buff musuh, baik dengan cara biasa atau membuat ultimate agar lebih cepat. Kalau ternyata tim kamu lumayan tertekan, kamu harus mengamankan semua buff milikmu, sambil mencari-cari kesempatan melakukan kill baik solo maupun team fight.

Ketika mencapai late game kamu sudah semakin kuat walaupun ada kemungkinan marksman lawan juga sudah sama kuatnya dengan dirimu. Semua serangan kamu akan menghasilkan damage yang sangat besar dan cepat, jadi pastikan timing dan positioning kamu saat team fight, karena kamu adalah salah satu sumber burst damage bagi tim kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *